Mengenal Kunci Kontak Immobilizer Piaggio Liberty dan Vespa LX

dari ; http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/11/30/325917/33/12/Mengenal-Kunci-Kontak-Immobilizer-Piaggio-Liberty-dan-Vespa-LX

Salah satu fitur yang ditawarkan dua skubek Italia, Piaggio Liberty 150ie dan duet Vespa LX 150ie serta LX 125 adalah perangkat kunci pengaman dengan teknologi immobilizer.

Perangkat kunci kontak ini terhubung dengan Electronic Control Unit (ECU) yang mengatur perangkat injeksi bahan bakar dan pengapian. “Kunci dan ECU tiap motor punya satu kode yang sama,” buka Tommy Pratomo, Service Manager PT Piaggio Indonesia.

Ketika anak kunci di colokan ke rumah kunci, maka secara otomatis sistem immobilizer akan memeriksa dan mengenali kunci starter. Bila dikenali maka mesin bisa dihidupkan, tapi sebaliknya jika bukan kuncinya pengapian akan terputus.

“Jika kodenya berbeda, maka secara otomatis pengapian akan terputus dan mesin tidak bisa hidup,” lanjut pria ramah yang sedang sibuk mengembangkan jaringan service Piaggio dan Vespa di Indonesia.

Untuk merasakan fungsi immobilizer yang tidak berfungsi bisa dilakukan dengan membuka pengait di bagian atas anak kunci warna coklat. Starter bisa berputar tapi mesin tetap tidak hidup karena pengapian terputus.

Kunci yang memiliki kode identik dengan ECU adalah kunci berwarna coklat. “Bila kunci coklat ini hilang harus ganti lengkap dengan ECU-nya. Karena harganya mahal maka tidak direkomendasikan untuk dibawa sehari-hari. Harian pakai kunci yang biru saja,” terang Tommy.

Kunci biru ini bisa menerima salin dari kunci berwarna cokelat. Cara meng-copy-nya juga mudah, tinggal masukan kunci berwarna coklat lalu putar ke posisi ON, setelah 3 detik putar ke OFF dan cabut.

Setelah itu masukan kunci berwarna biru dalam waktu kurang dari 10 detik setelah mencabut kunci coklat. Lalu putar kunci biru ke posisi ON, biarkan 3 detik lalu kembalikan ke posisi OFF dan cabut.

Lalu masukan lagi kunci coklat sebelum 10 detik dari waktu terakhir melepas kunci biru, putar ke ON dan setelah 3 detik kembalikan lagi ke OFF. Setelah langkah ini, secara otomatis kunci berwarna biru sudah memiliki data yang sama dengan kunci warna coklat. Mudah kan!

Untuk mengetahui fitur immobilizer ini bekerja atau tidak bisa dilihat dari lampu merah di panel speedometer.  Bila lampu LED ini berkedip artinya immobilizer bekerja dengan normal.

Seandainya kunci setang motor bisa dibobol maling, tapi tidak dengan sistem pengapiannya. Mesin tetap tidak bisa dihidupkan. Lebih aman kan! (motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s